Wednesday, July 04, 2007

apa jadinya klo gw ga pindah bulan lalu?

Di postingan ini gw bilang 'kan klo gw pindahan tgl 1 Juni kemarin. Wkt itu concern gw adalah karena udah capek bgt. Sampai 1 bln yg lalu, jalur gw pulang ke rumah (dari kantor) ada 2 :
1) naik Koantas Bima 510, turun di Pasar Rebo, naik metromini 53, turun di gang Arus (ada di Jl. Dewi Sartika), trus jalan ampe gempor (sampe 1 km ga ya? lumayan jauh deh pokoknya). Jalur ini cenderungnya tdk macet.
2) naik kopaja P20, turun di perempatan Mampang-Kuningan, nyambung apa aja yg ke Cawang. Turun di Indomobil, nyebrang jembatan penyebrangan, jalannya dekat. Jalur ini macet (dan seringnya) bgt.

Utk jalur 1, yg bikin gw emosi jiwa adalah jalannya yg jauh. Sedangkan jalur 2, gw gempor krn macet (dari perempatan ke Cawang), bus penuh yg berimb as pada tdk dpt tempat duduk.
Sebelum gw semakin murka ato badan gw protes, akhirnya dengan (nyaris) tanpa persiapan, gw (dengan memaksakan adik gw, tentunya) memutuskan untuk pindah kontrakan ke daerah Mampang. Ini diambil krn pertengahan dengan Kuningan (adik gw yg cowok masih sekolah di Casablanca) dan Pondok Indah (kantor gw). Jadi klo pagi2, gw dan dia sama2 naik 1 kali (kopaja P20) tp ke arah yg berlawanan.

Gak tau knapa, wkt itu gw benar2 udah ga tahan mo pindah. Sempet ada pemikiran buat pindah bulan Juli aja krn kita juga belom ada persiapan. Gw menolak. Jadilah 1 minggu sebelumnya (26/05/2007), gw dan adik gw survey dan nge-tek-in calon kontrakan. Tadinya kita mo pindah hari Sabtu (2 Juni) tp krn ga ada angkutan buat pindahan yg available hr itu, jadilah pindahannya maju 1 hari. Know what : gw pindahan malem, baru packing dari pagi di hari yg sama. Benar2 kilat deh.

Dan duarrrr!!!! Serasa kilat menyambar gw dan adik2 gw wkt cowoknya adik gw (yg cewek ya, bukan yg cowok ;p) bilang klo kontrakan yg lama gw kebakaran. Kejadiannya Jumat, 29 Juni. Berita lengkapnya baca di sini. Kebakaran itu menimpa RT 6, 7 dan 8. Rumah gw di RT 7, pas bgt di belakang Kedutaan Arab. Kebakaran parah deh pokoknya. Ga kebayang deh, soalnya rumah2 di sini dempet2an bgt dan kebanyakan rumah kecil dan sebagian dari kayu. Soalnya sebagian besar orang di situ dari kalangan bawah. Kebanyakan pedagang kaki lima dan karyawan Carr*f**r yg ada di dkt situ.

Kebayang ga sih klo gw wkt itu memutuskan ga pindah bulan Juni, tp Juli? Mungkin gw ada dlm daftar orang2 yg kena musibah itu. Mungkin gw kehilangan TV, pakaian, perabotan (yg pada dasarnya emang ga punya byk) dan dokumen2 penting. Mungkin gw yang nangis-nangis meratapi tempat tinggal dan barang2 yg hangus. Mungkin gw yg kalang kabut mengkhawatirkan adik gw (karena pas kejadian, siang hari, kemungkinan gw ada di kantor). Mungkin gw sekarang sibuk mencari2 barang2 apa yg masih tersisa dg risiko kejatuhan puing-puing kebakaran. Mungkin gw mengutuki diri karena tdk mengindahkan firasat gw.

Gw sangat bersyukur waktu memutuskan untuk pindah gw mendengarkan firasat gw. Pokoknya wkt itu gw benar-benar ga mau kompromi. Selain faktor capeknya, kayaknya emang ada sesuatu yg menyuruh gw buat pindah. Gw memang sering menuruti firasat. Klo sesuatu 'feel-doesn't-right-to-do', seringnya ga gw lakuin. Dan sebaliknya, klo gw merasa 'i-have-to-do-this-no-matter-what', gw biasanya ikutin juga. Hal ini banyak 'menuntun' gw mengambil beberapa keputusan penting dalam hidup gw.

Dari kalian ada yg punya pengalaman serupa?

1 comment:

Anonymous said...

Ada beberapa orang yang dikarunia mempunyai sensitivity tentang hal yang akan terjadi. Saya pernah pengin banget pulang (padahal masih ditengah-tengah jeda kuliah)...ternyata begitu sampai di Jatim (rumah saya), ayah tabrakan. Tamu-tamu nanya, kok pulangnya cepet, naik apa? Padahal emang udah pulang pas hari H nya.

Tapi perasaan seperti ini nggak bisa dijelaskan, jadi kalau mau keluar rumah perasaan nggak nyaman, saya menundanya untuk dilakukan lain waktu.