Friday, April 11, 2008

Gratis

Salah satu penemuan yg cukup mengejutkan buat gw hari ini adalah menemukan bahwa kata “gratis” ternyata juga merupakan kosa kata dalam bahasa Inggris (bisa merupakan adjective atau adverb). Artinya sama dengan kata “gratis” dalam bahasa Indonesia, disinonimkan dengan “free” yaitu “received or given without payment or obligation” alias “tidak bayar”. Sinonim lainnya adalah “gratuitous” (adjective) yang diartikan 1. unnecessary (mirna : saking tidak pentingnya makanya digratisin); 2. free; 3. without return benefit (ini istilah Hukum).

Trus teman sedivisi gw bilang, “Dari bahasa apa dong kata ‘gratis’ itu? Kalau dari bahasa Belanda, berarti sebelum Belanda datang ke Indonesia, tidak ada barang gratis dong.” Ada-ada aja tuh anak!

Berhubung gw ga punya waktu browsing asal-muasal kata ini, ada yg tahu mungkin ? Atau ada yg berminat mencari tahu & memberi tahukan kalau sudah ketemu ? Tapi tidak ada imbalannya alias gratis ya ;-) …

3 comments:

dee said...

bu, gue malah br tau loh kata "gratis" ada juga dalam b.ing. thx utk infonya yah..

Anonymous said...

ih, ka mirna masi sempet aja nambahin blog nya. hehe...lg liat2 blog k mirna ni..

oya ka, dvd yg dulu itu masi ada di aku loh, hahahaha...udah berdebu casingnya, saoalnya ditaro di atas lemari

mau diapain ya ka, mau dihibahkan ke senat aja buat dokumentasi mereka atau gimana ya? bingung ni, soalnya itu kan bukan barang ku, ntar diminta pertanggung jawabannya lagi, halah (hehehe...)


dijawab di sini aja ya ka, makasi...



mdh2n ka mirna tetap semangat, chayo !

me said...

*Menyampah-di-blog-sendiri mulai*

Poppy, terserah kamu deh mau diapain. Aku jg udah bingung. Bagi2in juga gapapa deh. Btw, KaVe masi ada gak sih di kampus? Aku gak pernah dengar lagi. Makasih untuk semangatnya. Semangat juga buat Poppy!!! Lg skripsi ya?

*Menyampah-di-blog-sendiri selesai*