Friday, July 13, 2007

KPI? Penting ya???

Apa sih KPI itu?
Buat yg tdk berkecimpung di dunia SDM, mungkin tdk familiar dgn si KPI ini. KPI atau Key Peformance Indicators, untuk gampangnya, adalah ukuran2 yg digunakan organisasi untuk menilai apakah anggota organisasinya memberikan kinerja sesuai dengan yang diinginkan oleh organisasi.

Kenapa perlu?
Klo kata Ibu ER, "Tukang cukur tdk dpt mencukur rambutnya sendiri dg baik.". Pada semua perusahaan, terutama yg bergerak di bidang jasa, karyawan mesti tahu apa yg diinginkan perusahaan. Sebaliknya, perusahaan jg mesti tahu ukuran (ato bukti-bukti) yg dapat digunakan untuk mengatakan bahwa karyawan A itu performance OK, si B cuman so-so aja, klo C baru deh ancur bgt.

Gimana tuh bentuk KPI?
KPI harus berisi perilaku-perilaku yang konkrit dan dapat terukur dengan jelas, bukan berupa konsep2 yg mengawang-awang. KPI jg harus dibuat detail, tetapi jangan sampai sangat detail, sehingga terkesan kaku dan menutup ruang untuk pengembangan individu atau ide-ide baru di luar indikator yang pernah ditetapkan sebelumnya.

Gimana ngukurnya tuh?
Yg mengukur bisa atasannya, karyawan sendiri, bawahan, HRD ato gabungan dari pihak2 tsb. Kalau di kantor gw, KPI disebut rapor. Rapor diisi oleh karyawan ybs, diperiksa dan disetujui oleh atasannya, lalu dikumpulkan untuk dievaluasi HRD dan manajemen. Saat mengukurnya, yg dijadikan landasan adalah kinerja aktual kita, karena memeng indikator2nya sangat jelas, sehingga menghindari misinterpretasi. Contoh yang paling gampang, berapa kali rata2 karyawan tsb menelepon klien per hari, berapa buku yg sudah disharing dlm bln tsb, dsb. kuran2 tsb sudah ditetapkan dalam range (berikut batas minimalnya) sehingga si A tau berapa ukuran yg setidaknya hrs dia capai untuk dapat dikategorikan 'just fine'.

Kpn tuh diukurnya?
Karyawan harus selalu aware lah sama kinerjanya, so mesti sering mengacu lagi ke indikasi2 yg ada dlm rapor tsb. Pengumpulannya ke atasan (klo di tempat gw) adalah 1 bulan sekali, dievaluasi 6 bulan sekali oleh HRD & manajemen, lalu implmentasinya (yg diharapkan promosi, tentunya), dilakukan 1 thn sekali.

That's all for now. Klo di kantor kamu-kamu gimana? Udah ada blom? Ato mungkin ada yg mo tanya2 soal KPI ini. Monggo... Akan dijawab semaksimal mungkin. ^^

3 comments:

Anonymous said...

Bagi perusahaan yang sudah transparan, KPI merupakan ukuran baku yang harus dievaluasi setiap periode tertentu. Setiap awal tahun, pekerja sudah menuliskan target satu tahun mendatang, disetujui atasan langsung dan atasan dari atasan langsung, tertulis dan diukur secara kuantitatif, dan dievaluasi, setiap triwulan...sehingga saat penilaian akhir tahun tak terjadi masalah.

me said...

oo...gitu ya. soalnya klo di kantorku, KPI ditentukan oleh perusahaan (bukan dibuat oleh karyawan) untuk membimbing karyawan agar tau performance spt apa yg diharapkan dan untuk memudahkan perusahaan dapat menilai karyawan dg objektif.

Anonymous said...

kalo di kantorku yang sebelumnya, KPI karyawan adalah turunan dari atasannya. Dan KPI para bos, adalah turunan dari visi misi perusahaan, ato minimal goal perusahaan dalam satu tahun. KPI diukur dan dinilai oleh HRD besarta atasannya, jadi lebih fair.

Peace